Jumat, 05 Juni 2009

Piala Dunia

* Negara Pemenang Piala Dunia


* Brasil; merupakan negara yang palingf banyak meraih juara pada Piala Dunia. Brasil menjadi juara dunia sebanyak lima kali, pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. brasil juga satu-satunya negara yang berhasil menjadi juara Piala Dunia di tiga benua yang pernah menjadi tuan rumah.

* Italia; merupakan negara yang menjadi juara pada penyelenggaraan Piala Dunia yang terakhir, di jerman tahun 2006. Italia merupakan negara yang menempel Brasil dalam hal jumlah perolehan gelar juara pada Piala Dunia. Italia meraih 4 kali juara pada perhelatan Piala Dunia, yaitu pada tahun 1934, 1938, 1982, dan terakhir pada penyelenggaraan Piala Dunia di Jerman pada 2006.

* Jerman; merupakan negara yang terbentuk dengan runtuhnya Tembok Berlin, yang memisahkan Jerman Barat dan jerman Timur (reunifikasi Jerman Barat dan Jerman Timur menjadi satu negara, Jerman). Jerman berhasil menjadi juara dunia sepak bola sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1954, 1974, dan 1990. ironisnya gelar juara ini didapat ketika belum terjadi unifikasi, di bawah bendera Jerman barat. Setelah Jerman bersatu, prestasi terbaik Jerman dalam ajang Piala Dunia adalah menjadi runner up pada tahun 2002, setelah kalah dari Brasil.

* Argentina; menjadi juara dunia 2 kali, pada tahun 1978 dan 1986. Pada tahun 1986 ini Diego Armando Maradona membuat dua gol yang mendapat perhatian dunia ketika mengalahkan Inggris. Gol pertama Maradona dicetak lewat sebuah gol yang terkenal dengan sebutan “Gol Tangan Tuhan”. Sedangkan gol keduanya dicetak melalui sebuah dribling bola yang sangat mengagumkan dari tengah lapangan, melewati para pemain Inggris, sebelum akhirnya menyarangkan bola ke gawang Inggris. Banyak pihak menilai gol ini sebagai gol terbaik sepanjang perhelatan Piala Dunia.




* Rekor pemain



* Ronaldo, merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Ronaldo berhasil mencetak 15 gol selama karirnya di Piala Dunia.

* Just fontaine; merupakan pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan sepanjang sejarah Piala Dunia. Just Fontaine mencetak 13 gol ketika Perancis berhasil meraih peringkat ketiga pada Piala Dunia 1958.

* Pele; merupakan satu-satunya pemain yang meraih gelar Piala Dunia bersama negaranya, Brasil, sebanyak tiga kali.

* Roger Milla merupakan pemain paling tua dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia, ketika membela negaranya, Kamerun pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My player Faforite